Berita

PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1439 H

SMP AR-RAHMAN PERCUT RAYAKAN MUHARRAM DENGAN BERBAGAI PERLOMBAAN
SMP Ar-Rahman Percut Sei Tuan Cabang Perguruan Al-Azhar Medan menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1439 H dengan berbagai acara perlombaan.
Kepala Sekolah Zainuddin Hasibuan, M.Si. menyebutkan dalam memeriahkan Tahun Baru Islam kali ini OSIS SMP Ar-Rahman Percut menggelar beberapa macam perlombaan kegiatan keagamaan yang diberi nama FESTIVAL ANAK SOLEH MUHARRAM.
Kegiatan keagamaan yang diperlombakan antara lain : Tilawatil Qur’an, Azan, Ceramah Agama, Praktek Sholat Jenazah, Pembacaan Tahtim Tahlil serta Lomba Cerdas Cermat Pengetahuan Agama.

Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan untuk memeriahkan Tahun Baru Islam sekaligus menanamkan kepada siswa bahwa umat islam memiliki kalender Hijriyah, dimana umat islam memiliki penanggalan Hijriyah yang bisa dijadikan penanggalan dalam beraktivitas sehari-hari.

Perlombaan ini juga digelar sebagai sarana untuk memupuk kemampuan dan kreativitas siswa dalam mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari dalam kegiatan belajar mengajar di kelas bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sutimin, S.Ag (Koordinator Agama) :
Sebagai puncak peringatan Tahun Baru Islam 1439 H kita mengadakan ceramah agama yang di selenggarakan di Mesjid Nurul Huda Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli.
Sudah menjadi tradisi bagi SMP Ar-Rahman Percut dalam merayakan Hari Besar Islam selalu berpindah-pindah dari satu mesjid ke mesjid yang lain.
Kegiatan ini kita laksanakan diawali dengan pawai berjalan sepanjang 1 km yang diikuti seluruh siswa dan guru. Kegiatan pawai berjalan dimulai dari pelataran Masjid Ar-Rahman Desa Sampali dan berakhir di Mesjid Nurul Huda Desa Pematang Johar.
Memeriahkan Tahun Baru Islam 1439 H sengaja kita buat semeriah mungkin untuk menanamkan semangat baru kepada peserta didik.

Penceramah : Ustadz Sariman Al-Faruq dalam tausiahnya :
Peringatan Muharram merupakan momen penting bagi umat islam, sudah saatnya umat islam membesarkan tahun barunya dengan kegiatan-kegiatan yang bernuansa islam. Sudah saatnya kita meninggalkan cara-cara jahiliyah dan musyrik yang dapat merusak nilai-nilai tauhid.
3 hikmah dalam perayaan Muharram :
1. Memperbayak membaca Al-Qur’an
2. Meyakini bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT
3. Selalu mencintai orangtua dan menghormati guru.

Turut hadir dalam perayaan Tahun Baru Islam :
1. Pembina Yayasan Hajjah Rachmah Nasution H. Machyuzar Nasution
2. Ketua Yayasan Hj. Riza Novida
3. Pengurus BKM Nurul Huda
4. Kepala Desa Pematang Johar
5. Tokoh Masyarakat
6. Bapak/Ibu Perwiridan
7. Orangtua siswa.