Berita

Sosialisasi Orang Tua Kelas VII TP.2018-2019

Assalamu’alaikum wr.wb
Hari ini SMP Ar-Rahman Percut mengadakan sosialisasi kepada Orang tua/wali murid kelas 7 Tp. 2018- 2019
Kamis, 19 Juli 2018

Ayah dan Bunda yang baik
Tidak terasa anak kita sekarang sudah SMP. Memasuki masa remaja, anak-anak sedang berada pada tahap pencarian jati diri. Ananda akan mencoba berbagai hal baru, yang banyak dipengaruhi oleh pertemanan dan lingkungan sosial demi menemukan jati diri mereka yang dianggap paling sesuai. Pada masa ini sebaiknya Ayah Bunda menempatkan diri sebagai teman dekat ananda yang menjadi tempat pertama mereka untuk berbagi . Kerja sama yang baik antara keluarga dan satuan pendidikan akan sangat mendukung kemajuan pendidikan anak kita.

Nah, mengapa orang tua perlu terlibat dalam kegiatan Sekolah?
1. Agar Ayah dan Bunda dapat lebih memahami dan mendukung program sekolah
2. Ayah dan Bunda dapat berperan aktif dalam mencegah berbagai ancaman yang ada di sekitar anak seperti kekerasan, narkoba, pornografi, paham radikal, dan tindakan amoral lainnya
3. Ayah dan Bunda dapat menyelaraskan kegiatan anak di rumah dan lingkungan sekitar.
4. Ayah dan Bunda dapat saling berbagi pengalaman dalam membantu tumbuh kembang anak.
5. Ayah dan Bunda dapat memberikan masukan untuk kemajuan sekolah.

Peranan orang tua siswa dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Bahkan orang tualah yang hakikatnya memiliki peran utama sesungguhnya dalam pendidikan. Sedangkan guru hanya sebagai fasilitator, pembimbing, dan orang tua kedua di sekolah. Namun, justru hanya sebagian kecil saja yang memahami hal tersebut. Orang tua justru menyerahkan sepenuhnya segala macam pendidikan baik intelektual, spiritual dan juga keterampilan pada guru disekolah.Untuk mengubah presepsi tersebut maka penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama orang tua wali murid di awal tahun pembelajaran.
Fokus utama pertemuan ini adalah untuk membicarakan sikap dan tingkah laku siswa di sekolah maupun di rumah. Masalah apa yang sedang dihadapi siswa dalam belajar, bagaimana kemajuan belajar yang dicapai siswa, serta hal-hal lain yang sedang berkembang terutama yang berkaitan dan berhubungan dengan sekolah
Di Smp Ar-Rahman Percut pertemuan orang tua siswa biasanya dilakukan setahun sekali pada saat tahun ajaran baru berlangsung. Dalam pertemuan ini dijabarkan tentang kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan di sekolah, sehingga orang tua mengetahui semua program sekolah, selain itu orang tua siswa juga bisa meminta informasi tentang kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Diharapkan rapat pertemuan orang tua ini akan semakin menjalin silaturahmi antara pihak sekolah dan orang tua siswa. Dan juga sebagai salah satu jembatan menjalin Ukhuwah Islamiah.