Berita

Manasik Haji SMP Ar Rahman

Setiap tahun, menjelang hari raya kurban atau yang juga biasa disebut lebaran haji, SMP Ar-Rahman Percut mengadakan kegiatan manasik. Manasik haji adalah salah satu kegiatan sekolah yang selalu menjadi prioritas. Pasalnya, selain menjadi salah satu bahan ajar, manasik haji juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati para siswa terhadap para jemaah yang berada di tanah suci.
Manasik haji dilaksanakan sebelum perayaan idul adha. Seluruh siswa serta para guru ikut serta dalam kegiatan tersebut. Agar dapat menambah keceriaan dalam kegiatan, manasik haji dibuat seserupa mungkin dengan aslinya. Para guru merancang agar siswa melaksanakan kegiatan ini seperti di Mekkah. Untuk yang lelaki memakai kain ihram dan untuk yang perempuan memakai mukena berwarna putih.
Pada pagi hari para siswa telah berkumpul di titik keberangkatan dengan mengenakan pakaian ihram. Setelah bersama-sama mengucap niat haji, mereka menuju papan bertuliskan Mina sejenak, kemudian bertolak menuju Arafah untuk melakukan wukuf. Selanjutnya kegiatan yang dilakukan di mekkah seperti halnya orang berhaji dilaksanakan saat manasik haji. Yang menarik adalah terdapat miniatur kakbah sebagai penambah semangat melaksanakan manasik haji.
Manfaat terbesar kegiatan ini adalah menanamkan pondasi keimanan yang kuat pada Allah SWT.